Tips Bersilaturahmi Dengan Keluarga di Tengah Larangan Mudik

mudik lebaran

Di tengah pandemic Covid-19 pada saat ini, membuat pemerintah memberlakukan pelarangan mudik 2021. Hal ini sendiri sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang semakin hari semakin luas. Maka daripada itu, bagi Anda yang tahun ini tidak bisa pulang ke kampung halaman, ada beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan untuk tetap bersilaturahmi bersama dengan keluarga. 

Tips Bersilaturahmi dengan Keluarga saat Larang Mudik 

Walaupun mudik ada salah satu tradisi masyarakat Indonesia setiap Hari Raya Lebaran, namun di tengah pandemic saat ini tentu saja tidaklah bijaksana untuk kembali ke kampung halaman. Mengingat bahwa bisa saja penularan virus Covid-19 semakin luas. Dengan tidak mudik berarti Anda juga menjaga keluarga dan juga kerabat lain di kampung halaman. 

Adapun beberapa tips yang bisa Anda lakukan di tengah larang mudik ini, berikut ini adalah tipsnya” 

  • Video Call

lebaran

Kemajuan teknologi sekarang ini sudah sangatlah canggih, di mana tanpa harus bertemu pun masih bisa menjalani komunikasi. Di saat ada larangan mudik seperti sekarang, Anda bisa memanfaatkan teknologi video call ini untuk tetap bersilaturahmi dengan keluarga. Dengan menggunakan cara ini setidaknya Anda masih bisa melihat kondisi keluarga yang ada di luar kota.

Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi yang sekiranya memang mendukung video call ini, seperti WhatsApp, Zoom ataupun lainnya. Anda bisa menanyakan kabar sanak saudara serta memberikan kabar tentang diri Anda di kota rantau. Walaupun dalam jarak yang jauh, setidaknya rasa rindu berlebaran dengan keluarga bisa terobati. 

  • Transfer THR 

Tidak hanya musik saja yang menjadi tradisi, biasanya saat mudik Anda pun berbagi rejeki dengan keponakan, sepupu atau tetangga lainnya yang berkunjung ke rumah di kampung halaman. Namun, adanya larangan mudik hal ini tetap bisa Anda lakukan. Manfaatkan kemudahan transfer dengan menggunakan ATM atau mobile banking. 

Anda bisa mengirimkan sejumlah uang kepada saudara di mana saja. Di mana ini akan membantu Anda untuk tetap bisa membagi rezeki. Tidak hanya itu saja, dengan tetap memberikan uang saku kepada saudara, setidaknya dapat mengurangi rasa bersalah atau rasa kecewa tidak bisa mudik di tahun 2021 ini. 

  • Kirim Hampers, Parcel atau Kartu Ucapan 

Walaupun tidak bisa mudik, bukan berarti silaturahmi dengan keluarga juga tidak bisa dijalankan. Anda dapat mengirimkan hampers, parcel ataupun kartu ucapan terhadap keluarga. Isi dari hadiah ataupun parcel dan hampers ini sendiri bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan keluarga yang ada di kampung halaman. 

Jika tidak sempat berbelanja atau menghindari suasana ramai di pusat perbelanjaan, Anda dapat membeli keperluan parcel ataupun hampers ini di e-commerce atau online. Banyak sekali penjual yang menyediakan paket parcel yang bisa langsung dikirimkan ke kampung halaman. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak silaturahmi dengan keluarga pada Lebaran 2021 ini. 

  • Gunakan media social 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa kemajuan teknologi pada saat ini sangat memudahkan kita untuk berkomunikasi. Tidak ada salahnya menggunakan media sosial sebagai tempat bersilaturahmi ketika larangan mudik seperti sekarang. Anda bisa mengucapkan Selamat Lebaran ke orang-orang terdekat di media social. 

Apalagi Anda bisa menambahkan gambar yang berhubungan dengan lebaran dilengkapi dengan emoticon lucu. Ada banyak sekali media sosial yang bisa Anda manfaatkan, seperti Facebook, Twitter ataupun Instagram. Dengan memanfaatkan media sosial ini maka Anda masih bisa menjalin silaturahmi bersama dengan keluarga yang berbeda kota dengan Anda. 

  • Memesan makanan via aplikasi 

Kemajuan teknologi memang tidak bisa dibantah lagi dapat membantu banyak orang, seperti saat pandemic sekarang ini yang mengharuskan kita tetap di rumah dan tidak diizinkan untuk mudik. Anda bisa memanfaatkan aplikasi food delivery untuk mengirimkan makanan ke kampung halaman walaupun Anda berada di luar kota. 

Sebut saja GoFood atau GrabFood yang selalu memberikan kemudahan bagi Anda untuk bisa memesan makanan ke kampung halaman. Anda hanya tinggal memasukan lokasi alamat rumah di kampung halaman dan memilih resto yang ada di sekitar daerah tersebut. Pembayaran yang juga bisa dilakukan dengan e-wallet pun juga memudahkan Anda melakukan pembayaran. 

Sehingga keluarga di kampung halaman dapat menikmati makanan lezat pada saat Hari Raya Lebaran. Selain itu pun Anda tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga walaupun pemerintah melarang warga untuk mudik. 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk tetap bersilaturahmi dengan keluarga di tengah larang mudik ini. Meskipun ada rasa sedih karena tidak bisa berkumpul dengan keluarga, namun dengan menaati peraturan pelarangan ini, berarti Anda sudah menjaga diri serta keluarga dari ganasnya virus corona. Setidaknya dengan menggunakan tips di atas, Anda bisa mengobati rasa rindu akan kampung halaman pada Lebaran 2021 ini. 

Related Post