Tips Alami Mengurangi Kerutan Wajah

kerutan wajah

Kerutan pada wajah biasanya akan muncul seiring usia Anda bertambah. Namun, sebenarnya ada berbagai faktor yang membuat timbulnya keriput dan tentunya ini dapat mengganggu penampilan Anda. Karena itulah banyak sekali orang berlomba-lomba mencoba mencari cara supaya dapat menghilangkannya.

Penyebab Munculnya Kerutan Pada Wajah

Gaya hidup, pola makan sampai dengan kebiasaan Anda sehari-hari yang sepertinya sepele tersebut, sebenarnya dapat memicu timbulnya garis halus di wajah. Lalu semakin lama berubah menjadi lebih dalam atau keriput.

  • Paparan Sinar Ultraviolet

Kebanyakan keriput disebabkan karena terlalu seringnya kulit Anda terkena sinar matahari yang tidak terlindungi. Kemudian akan merangsang terbentuknya radikal bebas di kulit Anda dan dapat merusak serat elastin yang terdapat di dalam tubuh.

Jika serat elastin tersebut rusak, kulit tidak mampu mempertahankan keadaanya, jaringan yang seharusnya menjadi penyokong pada akhirnya melemah dan hal inilah yang menyebabkan munculnya keriput serta membuat kulit kendur.

  • Memiliki Kebiasaan Merokok

Selain tidak baik bagi sistem pernapasan Anda, yakni paru-paru. Merokok juga berdampak buruk pada kulit Anda, seperti berikut :

  • Nikotin dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah dan hal tersebut membuat zat gizi serta oksigen tidak dapat mencapai ke sel kulit.
  • Panas yang berasal dari api rokok dan asap dapat membuat bagian terluar kulit menjadi rusak serta kering. 
  • Kontraksi Otot Wajah Berkurang

Ketika Anda tersenyum, secara otomatis semua otot di wajah akan berkontraksi, seperti menyipitkan mata, tertawa, murung dan lainnya. Seiring berjalannya waktu, kontraksi pada otot akan meninggalkan bekas atau tanda keriput di kulit wajah Anda, terutama ujung mata serta antara alis.

  • Terlalu Sering Minum Manis dan Alkohol

Kebiasaan minum yang manis-manis juga menjadi salah satu alasan kenapa kulit menjadi keriput. Karena kadar gula dalam di minuman tersebut bisa merusak kolagen yang jika sampai rusak maka kelenturan pada kulit akan menghilang.

Tidak hanya itu, sering mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan keriput. Karena ketika selesai meminum minuman yang mengandung alkohol akan membuat Anda dehidrasi, hal ini akan mengganggu peredaran darah yang ada di area wajah. Kondisi tersebut bisa membuat kulit menjadi kendur.

Cara Mengurangi Kerutan Secara Alami

Proses penuaan sebenarnya dipengaruhi oleh faktor, yaitu faktor dari luar dan genetik. Jika berasal dari luar, misalnya seperti kebiasaan merokok, stres, terkena sinar matahari, dan gaya hidup. Namun, agar memiliki kulit tetap kencang dan terlihat awet muda juga bukan hal yang mustahil.

Anda dapat menerapkan beberapa cara berikut ini :

  • Mencuci Muka Secara Rutin

Hal pertama yang harus rutin dilakukan adalah mencuci wajah menggunakan facial foam yang cocok, kegiatan ini dapat membantu Anda menghapus sisa kotoran serta make up dan juga minyak pada wajah. 

Sebaiknya melakukan cuci muka sehari dua kali, bisa juga setelah berolahraga, tetapi jangan sering-sering karena bisa menghilangkan lapisan pada kulit yang sebenarnya memiliki fungsi untuk melindunginya dari keriput.

  • Mengoleskan Pelembab

Selanjutnya adalah mengoleskan pelembab pada wajah, walau ini bukan cara untuk mengurangi kerutan dengan permanen, namun dengan rutin menggunakan pelembab dapat menyamarkan munculnya keriput serta dapat melembabkan kulit.

  • Menggunakan Sunscreen

Rutin menggunakan tabir surya, pilihlah yang memiliki label SPF 30 dan khusus untuk area wajah. Karena ada penelitian yang menjelaskan jika Anda rajin memakai sunscreen akan membantu untuk memperlambat timbulnya tanda-tanda penuaan, selain itu juga bisa mencegah munculnya kanker kulit.

  • Menerapkan Pola Makan Sehat

Ada studi yang menyatakan jika banyak mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan dapat mencegah kerusakan pada kulit yang memicu proses penuaan. Kulit pada dasarnya memang membutuhkan nutrisi agar dapat mempertahankan fungsi serta bentuknya, seperti misalnya vitamin C, B, dan juga E.

  • Perbanyak mengkonsumsi air putih

Seperti yang Anda ketahui jika air putih memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, termasuk salah satunya untuk kulit. Karena air dapat menjaga kelembaban agar tidak mengalami dehidrasi serta bisa juga kelembutan kulit.

  • Tidur yang Cukup

Kualitas tidur yang buruk ternyata juga dapat menyebabkan kulit menjadi mudah berkerut, karena itulah mengapa manusia dewasa disarankan untuk tidur kurang lebih 7 sampai 9 jam dalam satu harinya.

Ketika tidur, tubuh memproduksi Human Growth Hormone (HGH), hormon ini akan meningkatkan ketebalan serta membuat kulit semakin elastis.

Untuk menghilangkan kerutan wajah, sebenarnya Anda juga dapat menggunakan tindakan medis, karena cara ini merupakan jalur instan. Namun,  jika Anda ingin melakukannya, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter yang memang ahli di bidang tersebut.

Kerutan merupakan suatu hal yang wajar dan proses penuaan yang akan terjadi perlahan, terutama di area yang sering terkena sinar matahari, misalnya wajah, leher, tangan dan lengan bawah. Meski cara untuk mengurangi kerutan secara alami ini tidak akan langsung terlihat. Namun, setidaknya dapat diminimalisir menggunakan cara di atas.

Related Post