Pentingnya Anak Dekat dengan Orang Tua

Sudah sepantasnya anak dekat oleh orang tuanya, akan tetapi nyatanya tidak sedikit dari mereka yang justru merasa tidak begitu dekat oleh kedua orang tuanya. Sebelum menyesal, kamu sebagai orang tua harus mengetahui alasan pentingnya dalam membangun kedekatan oleh sang buah hati.

Setiap orangtua dimanapun bisa saja merasa sudah memberikan yang terbaik kepada anaknya, akan tetapi tak jarang yang justru menjadikan ini sebagai tembok pemisah kedekatan antara orang tua dan anak.

Sementara hubungan orangtua dan anak yang renggang dapat menimbulkan begitu banyak masalah. Maka dari itu, ketahui apa saja manfaat dalam membangun kedekatan oleh buah hati. SImak berbagai alasan tentang pentingnya menciptakan kedekatan antara anak dan orangtua yang sudah disajikan sedemikian rupa berikut ini.

1.       Membantu dalam pembentukan pribadi anak lebih baik

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan, hubungan sehat yang tercipta antara anak terhadap orang tuanya akan mempengaruhi cara sang anak menjalin pertemanan serta hubungan oleh orang lain kemudian hari.

Anak secara otomatis akan mencontoh cara dia berhubungan oleh kedua orangtua ke orang lain. Cara tersebut juga dapat menghindarkan mereka dalam memilih teman atau pasangan yang toksik. Selain itu, hal ini juga dapat membantu anak agar tidak mudah jatuh serta terpuruk yang dikarenakan perundungan di sekolah atau lingkungan dia bermain.

2.       Jadikan orangtua sebagai wadah mengadu

Orangtua yang sering menyalahkan dan mengkritik anak bisa membuat hubungan antara mereka bisa renggang. Sehingga, anak pun akan memilih diam serta menutup dirinya.

Hal tersebut berpengaruh terhadap dirinya ketika menjelang dewasa. Alhasil orang tua pun akan kesusahan untuk mengetahui hal apa yang sedang terjadi pada sang anak karena anaknya selalu menutup diri dan jarang bercerita. Ia dapat mencari tahu semuanya sendiri serta enggan untuk berbagai oleh kedua orang tuanya sebab khawatir akan dimarahi hingga dikritik.

Maka dari itu, sangat penting sekali agar membangun kedekatan secara emosional serta fisik yang sehat dengan sang anak.

3.       Mudah mendengarkan anjuran dari orangtua

Sebuah kedekatan emosi yang terbangun pada orang tua dan juga anak dapat memudahkan orang tuanya dalam memberi atau menyampaikan arahan kepada mereka.

Ketika anak sudah merasa bahwa ia sudah dekat kepada orang tuanya, ia dapat mempertimbangkan anjuran yang orangtuanya katakana. Ia akan mempunyai kepercayaan terhadap ucapan yang dikeluarkan kedua orang tuanya.

Hal ini dapat memudahkan kamu sebagai orang tua ketika ingin mengetahui bahwa anak mungkin saja berada di jalan yang salah. Orang tua dapat memberi pengertian yang lebih baik serta ia pun besar kemungkinan akan mendengarkan serta menuruti argumenmu.

4.       Membantu memilih pasangan yang tepat

Semua orang tua tentu berharap buah hatinya bisa mendapatkan pasangan terbaik untuknya. Pasangan yang tidak menyakiti hati dan fisik anaknya dan tidak mudah berselingkuh.

Ternyata, hal tersebut dapat dibentuk sejak kecil. Dimana orangtua yang bisa dekat dengan anaknya dapat membentuk pilihan anak terhadap pasangannya di masa depan.

Ia tidak akan mudah bergantung oleh pasangan yang toksik dan manipulatif. Ini semua karena anak sudah menerima kasih sayang yang tulus dan hangat dari orang tuanya. Dengan begitu, sang anak pun akan segera mencari pasangan yang juga memberi perasaan serupa. Tapi yang paling penting, sang anak merasa berharga sebab sudah dicintai oleh orangtuanya.

5.       Orang Tua mengetahui seperti apa sifat anaknya

Ketika sekolah, tidak sedikit orang tua yang merasa terkejut sebab anaknya dapat melakukan berbagai hal yang mungkin tidak pernah terbayangkan olehnya. Ada hal yang baik, tapi ada pula yang buruk. Hal tersebut disebabkan oleh kedekatan yang dibentuk antara orangtua dan anak.

Ketika hubungan orangtua dan anak telah terbentuk dengan baik, kamu pun akan mengetahui seperti apa sikap, sifat serta kebiasaan sang buah hati, kamu jadi mengetahui maksud serta tujuan sang anak ketika melakukan sesuatu.

6.       Menjadi teman ketika orangtua masuk usia senja

Sekarang ini, tidak sedikit orang tua yang dititipkan ke panti jompo atau rumah senior. Sementara alasannya pun sangat sederhana, dimana sang anak tidak mempunyai waktu dalam mengurus orang tua mereka. Padahal yang dibutuhkan oleh orangtua bukan sekedar uang, namun waktu berkualitas yang bisa didapatkan dari anaknya.

Itulah pentingnya bisa membangun hubungan yang baik antara anak dan orangtua. Dengan begitu rasa sayang pada anak pun dapat mengakar serta mendatangi orang tuanya karena alasan rasa sayang dan bukan sekedar kewajiban saja.

7.       Membuat anak menjadi lebih mandiri

Dekat oleh anak tidak berarti membuat mereka menjadi anak manja. Justru hubungan baik antara orang tua dan anak dapat membantu dari segi kesehatan emosional, sosial, motivasi, kognitif seorang anak. Intinya, dengan kamu bisa menjalin kedekatan oleh anak, sang anak akan lebih percaya diri dalam melakukan hal apapun.

 

 

Related Post