Manfaat Masker Kopi Untuk Wajah

Hingga saat ini masker kopi telah dipercaya mempunyai manfaat untuk membersihkan sel kulit mati dan dan membuat kulit tampak lebih awet muda.  Seiring dengan berkembangannya dunia kecantikan, saat ini sudah banyak produk kecantikan kulit yang memberikan tambahan kopi pada produknya.

Selain itu,  itu kopi yang dijadikan masker juga dapat memberikan banyak manfaat lain untuk kesehatan kulit wajah penggunanya.

Banyak sekali cara untuk mengkonsumsi kopi.  Selain diseduh  kopi juga bisa dibuat menjadi sebuah masker yang akan memberikan banyak sekali manfaat bagi Anda. Dalam pembuatannya,  masker kopi dibuat menggunakan perpaduan dari bubuk kopi yang diberikan bahan pelarut, contohnya seperti minyak zaitun  yang kemudian dioleskan ke permukaan wajah anda dan diamkan selama beberapa menit.

Kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam kopi tersebut akan menyerap ke dalam kulit. Hal ini membuat pori-pori wajah anda akan lebih bersih,  lembut, dan dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara membuat masker kopi,  banyak sekali bahan alami yang bisa dipakai untuk pelarut topi tersebut.  Bahan yang dapat digunakan bisa berupa ekstrak buah, sayur, sampai biji-bijian. Kopi memiliki aroma yang menenangkan, selain itu juga mengandung antioksidan  tinggi yang penting untuk kesehatan kulit wajah Anda.  Berikut merupakan beberapa penjelasan masker kopi untuk wajah.

Cara membuat masker kopi sendiri di rumah

Jika Anda ingin membuat masker kopi sendiri di rumah, Anda dapat menggunakan campuran dari beberapa kopi yang Anda miliki,  kemudian diberikan cairan sebagai pelarutnya.

Cairan untuk pelarut akan lebih baik jika berasal dari bahan yang alami dan bersifat non comedogenic contohnya adalah minyak zaitun. Setelah masker tersebut dibuat,  Anda dapat langsung mengoleskan masker tersebut ke wajah Anda dengan menggunakan gerakan yang memutar kemudian didiamkan selama kurun waktu 10 hingga 30 menit. 

Setelah itu, Anda  dapat membilas masker kopi tersebut dengan air hangat.  Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, Anda harus menghindari menggosok masker kopi terlalu keras, karena hal ini dapat menyebabkan iritasi hingga kemerahan pada kulit.

Dalam penggunaannya masker kopi cukup digunakan satu atau dua kali dalam seminggu dan sangat tidak disarankan penggunaan setiap hari untuk masker jenis ini. 

Anda juga perlu memastikan bahwa kopi yang Anda gunakan dalam pembuatan masker adalah kopi yang segar dan tidak terkontaminasi .

  • Membuat wajah tampak lebih muda

Kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi bisa menangkal radikal bebas dari kulit Anda. Jika wajah Anda terpapar oleh radikal bebas yang berlebihan maka tanda penuaan dapat muncul lebih cepat. 

Selain itu, Antioksidan juga dapat membuat Memperlambat penurunan kadar kolagen serta meningkatkan produksi dari elastin. Hal tersebut dapat membuat kulit anda terasa lebih kencang. 

Kafein yang terkandung di dalam kopi bisa memberikan sensasi kulit lebih kencang dan memudarkan mata panda.

  • Memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari

Dalam sebuah penelitian telah dikatakan bahwa ekstrak dari bubuk kopi bisa memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan, terutama kerusakan yang disebabkan karena paparan sinar matahari. Walaupun demikian, 

Anda tetap disarankan agar menggunakan tabir surya jika ingin beraktivitas di luar ruangan supaya kulit Anda bisa tetap terlindungi dengan baik .

  • Memberikan sensasi tenang di kulit wajah 

Selain beberapa manfaat diatas,  kopi memberi efek stimulan untuk  tubuh Anda jika dikonsumsi. Akan tetapi, saat kopi digunakan sebagai masker, maka kandungan antioksidannya bisa memberikan sensasi tenang pada kulit wajah Anda  sehingga iritasi yang terjadi pada kulit dapat teratasi.

Iritasi yang dapat teratasi adalah iritasi yang disebabkan karena paparan sinar matahari ataupun efek dari produk tertentu.

  • Merawat kulit yang sedang berjerawat

Selain mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi,  kopi juga mempunyai sifat antibakteri dan juga anti radang  yang bisa memberikan perawatan pada kulit wajah anda yang sedang berjerawat. 

Antioksidan yang terkandung di dalam ekstrak kopi juga dipercaya dapat mengurangi peradangan dan mencegah timbulnya jerawat pada kulit wajah.  Akan tetapi,  perlu dilakukan penelitian  lebih mendalam agar dapat mengetahui efektifitas dari penggunaan masker kopi dalam terapi kulit yang berjerawat.

  • Membersihkan sel kulit mati

Tekstur kopi yang kasar dapat mengeluarkan kotoran-kotoran yang menyumbat pori-pori  selama aktivitas harian Anda. Selain itu, butiran bubuk kopi tersebut juga bisa menstimulasi  sirkulasi darah di wajah Anda. 

Oleh karena itu, masker kopi  sangat baik digunakan untuk mengurangi jumlah minyak yang berlebih dari kulit serta membuat kulit wajah  terlihat lebih segar. 

Manfaat masker kopi pada kulit wajah penggunanya adalah mengurangi noda hitam di wajah akibat hiperpigmentasi dan juga memudarkan hitamnya  lingkaran di kantung mata Anda. Akan tetapi, manfaat dari masker kopi ini  memerlukan penelitian yang lebih mendalam agar dapat ditinjau kembali efektivitas penggunaannya.

 

Related Post