Kenali 6 Ciri-ciri Pinjaman Online yang Legal dan Terpercaya

pinjaman online

Perkembangan zaman yang semakin canggih ini membuat teknologi juga ikut berkembang. Salah satunya di bidang keuangan atau biasa disebut dengan financial technology (fintech). Di Indonesia sendiri, fintech memiliki hubungan yang erat sekali dengan pinjaman online (pinjol). Sama halnya dengan pisau bermata dua, adanya pinjol dipercaya dapat membantu memperluas inklusi keuangan yang terhambat selama ini, namun disisi lain pinjol juga dianggap menjadi rentenir berbasis teknologi. 

Pinjol pun terbagi menjadi dua, yaitu yang tidak resmi atau ilegal dan resmi atau legal. Pinjol yang legal pastinya akan menerapkan syarat-syarat yang memudahkan dan tidak mempersulit para nasabahnya di kemudian hari kelak. Sementara itu, untuk pinjol yang tidak resmi lebih mempunyai kecenderungan menambah derita para nasabah dengan memberikan bunga yang besar dan menagih secara kasar serta tidak beretika. 

Nah, berikut ini terdapat ciri-ciri pinjaman online yang legal dan terpercaya yang bisa Anda gunakan jika ingin menjadi nasabahnya. 

  • Diawasi OJK dan mempunyai izin 

Ciri yang pertama dari pinjol legal yaitu mempunyai izin dan terdaftar serta diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini menjadi salah satu syarat wajib sebuah pinjol dapat dikatakan resmi atau legal beroperasi di Indonesia. Selain itu, OJK juga telah mencatat terdapat 138 pinjol resmi yang sudah terdaftar dan berizin pada OJK per 4 Mei 2021. 

Terdapat 57 pinjaman online yang telah memiliki izin dan 81 pinjaman online yang sudah terdaftar. Lalu, untuk mengecek nama-nama dari pinjaman online legal yang terdaftar dan berizin di OJK ini Anda hanya perlu mengakses situs resmi dari OJK yaitu ojk.go.id. 

  • Terbuka tentang biaya dan bunga 

Ciri kedua pinjaman online legal yaitu transparan dalam hal biaya dan bunga. Hal tersebut berarti perusahaan atau lembaga pinjaman online yang resmi tidak akan menutupi biaya dan bunga yang nantinya akan dibebankan pada Anda dari proses peminjaman. 

Pada umumnya pinjaman online resmi ini sudah menyampaikan seluruh informasi di awal yang berhubungan dengan biaya, bunga, tenor atau masa pinjaman saat Anda ingin mengajukan pinjaman pada lembaga tersebut. 

  • Mempunyai situs resmi 

Selanjutnya yaitu sebagai sebuah lembaga pinjaman online atau fintech, situs resmi merupakan salah satu kewajiban yang harus dimiliki. Oleh karena itu, pinjol legal adalah mempunyai website atau situs resmi. Hal tersebut penting sekali supaya Anda yang menjadi nasabahnya bisa mendapatkan seluruh informasi resmi dari situs tersebut. 

Selain itu, situs yang resmi juga akan menunjukkan jika perusahaan tersebut benar-benar serius untuk beroperasi membantu memberikan layanan keuangan kepada masyarakat. Oleh karena itu, untuk perusahaan pinjaman online lebih baik selalu memperbarui website atau situs resmi yang dimiliki, dengan membuat konten-konten yang bermanfaat untuk para nasabah. 

  • Mempunyai aplikasi mobile agar memudahkan nasabah 

Tidak hanya harus memiliki situs resmi saja, saat ini pinjol juga diwajibkan untuk mempunyai aplikasi untuk mempermudah seluruh proses transaksi antara nasabah dan perusahaan. Dengan menggunakan aplikasi yang dapat di unduh di smartphone, perusahaan dapat dengan mudah sekali untuk memperkenalkan jasanya ke calon nasabah. 

Melalui aplikasi juga para nasabah dapat memperoleh banyak informasi resmi mengenai perusahaan pinjol yang digunakannya. Mulai dari cara pembayaran pinjaman, cara meminjam dana, mengetahui besaran cicilan dan nomor registrasi terdaftar di OJK. 

  • Proses pencairan cepat dan instan 

Ciri-ciri selanjutnya dari pinjaman online legal ini yaitu proses pencairan dana yang cepat dan memberikan persetujuan instan. Salah satu alasan masyarakat mengajukan pinjaman di pinjol ini sebab dianggap cepat dan bisa menjadi solusi untuk mereka yang sedang butuh uang cepat. 

Biasanya pinjol resmi memiliki sejumlah persyaratan, seperti kelengkapan dokumen mulai dari nomor rekening, KTP, dan lainnya. Hal tersebut jika dilakukan dengan benar oleh para calon nasabah, sudah pasti persetujuan instan akan diberikan dan dana didapatkan lebih cepat. 

  • Mempunyai alamat kantor yang jelas 

Ciri-ciri terakhir dari pinjaman online legal ini adalah mempunyai alamat kantor yang jelas. Sebab, alamat tersebut menjadi hal yang penting sekali untuk nasabah bisa memastikan perusahaan atau lembaga pinjaman online yang digunakannya resmi atau tidak abal-abal. 

Adanya alamat kantor yang jelas juga pastinya bisa membantu memudahkan para nasabah bertemu dengan perwakilan perusahaan pinjaman online, baik untuk memberikan komplain atau keperluan lainnya. 

Nah, demikianlah ciri-ciri dari pinjaman online legal dan terpercaya yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman ke lembaga tersebut. Jangan lupa juga Anda harus menaruh curiga pada pinjaman online yang dirasa memiliki persyaratan aneh atau tidak sama dengan lembaga lainnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin mengajukan pinjaman ke pinjaman online. 

Ada banyak contoh pinjol legal yang bisa kamu percayai, seperti misalnya Adakami, Kredivo, Akulaku, Tunaiku, dan masih banyak lagi.

Related Post