Cara Mengurus KK Online Mudah bisa Cetak Sendiri di Rumah

Cara mengurus KK online
  1. Cara mengurus KK online kini lebih mudah dan bisa cetak sendiri di rumah, dengan memanfaatkan teknologi digital dan internet melalui handphone bikin Kartu Keluarga jadi lebih praktis dan cepat.

Bagi anda yang ingin mengajukan pembuatan Kartu Keluarga, cukup buka website resmi Dukcapil Kemendagri atau unduh aplikasi layanan kependudukan yang dibuat oleh masing-masing kantor Dinas Dukcapil melalui Play Store.

Adapun cara mengurus KK online dengan menggunakan handphone, yang mana bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus datang ke kantor Disdukcapil setempat sebagai berikut.

Cara Buat KK Online

Berikut langkah-langkah pembuatan Kartu Keluarga (KK) online yang bisa diakses dari rumah dan dicetak secara mandiri.

    • Mengajukan permohonan dengan mengunjungi situs www.dukcapil.kemendagri.go.id atau melalui aplikasi layanan kependudukan yang dibuat oleh Dinas Dukcapil setempat yang di unduh dari Play Store.
    • Kemudian masukan nomor handphone atau alamat email aktif yang bisa dihubungi. Fungsinya untuk menerima dokumen kependudukan yang dikirim oleh petugas Dukcapil dalam format PDF.
    • Permohonan pengajuan KK akan diproses oleh petugas Dinas Dukcapil. Setelah diproses, akan diminta tanda tangan elektronik (TTE) berupa pemindai kode QR oleh Kepala Dinas Dukcapil setempat.
    • Kemudian, akan muncul notifikasi melalui SMS atau email dari aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), berupa link laman situs dukcapil dan PDF, beserta nomor PIN sebagai kata sandi membuka layanan tersebut.
    • Pastikan dokumen yang dikirim ke email sudah anda terima, dan periksa kembali sesuaikan dengan data diri anda. Jika terdapat kekurangan data, bisa menghubungi kantor disdukcapil atau melalui situs www.dukcapil.kemendagri.go.id 
    • Setelah itu, silahkan unduh dan simpan dokumen di handphone anda, atau cetak dokumen berbentuk PDF tersebut, jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Cara mengurus KK online tidak perlu pergi mengunjungi kantor disdukcapil setempat, anda cukup kunjungi situs resmi dinas dukcapil Kemendagri dan ikuti petunjuk yang tercantum.

Cara mengurus KK online

Baca Artikel Selanjutnya :

Cetak KK Mandiri

Membuat Kartu Keluarga online memang lebih mudah, sekaligus bisa cetak mandiri di rumah. Meskipun kertas yang anda gunakan bukan jenis kertas security printing berhologram anti pemalsuan, dokumen tersebut tetap punya kekuatan hukum.

Hal ini karena ada kode pemindai khusus berupa Quick Response (QR) letaknya di pojok kanan bawah kertas, ketika anda mencetaknya secara mandiri di rumah. Kode QR ini sebagai penanda keaslian data serta pengganti tanda tangan atau cap.

Jadi anda tidak perlu khawatir, dokumen KK yang dicetak mandiri di rumah bisa digunakan untuk keperluan apapun yang harus menyertakan dokumen tersebut.

Cara Cek Keaslian Data

Bagaimana cara mengetahui data Kartu Keluarga asli atau palsu? Caranya cukup mudah untuk memastikan keaslian dokumen Kartu Keluarga anda.

Langkahnya, buka kamera handphone anda dalam mode pemindai QR. Lalu scan kode QR yang tertera di dokumen, maka akan muncul data lengkap anggota keluarga anda.

Jika muncul tanda centang hijau dan tertulis dokumen aktif, Nomor Induk Kependudukan (NIK) pemohon, nama pemohon dan nomor dokumen. Maka dipastikan dokumen tersebut asli sesuai database.

Nah, jika muncul tanda centang merah, maka dokumen tersebut dipastikan palsu atau tidak sesuai dengan yang ada di database dinas dukcapil. 

Cara mengurus KK online tertanya lebih mudah dan praktis, tidak perlu repot mendatangi kantor dukcapil setempat. Apalagi dokumennya bisa di cetak sendiri di rumah, terdapat kode QR sebagai bentuk jaminan dokumen tersebut bisa dipakai untuk berbagai keperluan.

 

Related Post