Buah yang Baik Untuk Memperlancar ASI Ibu Menyusui

blueberry memperlancar asi

Menyusui memiliki beberapa keuntungan bagi ibu dan anak. Menyusui bukan hanya memberikan gizi terbaik untuk anak Anda, tetapi juga waktu untuk membangun keintiman pada ibu dan bayi Anda. Produksi ASI yang lancar pastinya menjadi dambaan oleh semua ibu. 

ASI dikenal sebagai nutrisi dan asupan utama terbaik bagi bayi berusia 6 bulan. ASI eksklusif diberikan sampai anak berumur 6 bulan. Setelah itu anak Anda dapat diberikan makanan bergizi dan pelengkap atau mpasi. Karena itu, sangat penting agar ASI Anda selalu mengalir dengan lancar. Ahli Gizi Bridget Zeitlin dan pendiri BZ Nutrition di New York, AS, mengatakan bahwa konsumsi protein rendah lemak, sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan sangat penting untuk  menjaga suplai ASI seorang IBU. Menurut Zeitlin, dengan memakan dua potong buah setiap hari bisa membantu ibu untuk mendapatkan nutrisi penting untuk membantu memperlancar ASI. Zeitlin juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi beberapa buah lain saat menyusui. Berikut adalah rekomendasi buah yang baik untuk memperlancar ASI ibu menyusui;

1. Blueberry

Seorang ibu yang sedang menyusui disarankan untuk makan minimal 2 porsi buah per hari. Blueberry dapat menjadi buah pilihan bagi ibu yang sedang menyusui, selain karena rasanya yang enak dan banyak mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, antioksidan, dan serat makanan. Selain itu, blueberry dapat menjaga stamina seorang ibu karena buah ini juga memiliki kandungan karbohidrat. Keluarga buah berry ini juga diduga dapat mengurangi risiko  depresi pasca persalinan. Kesehatan seorang ibu yang sedang menyusui memerlukan perhatian lebih, karena jika ibu sehat dan produksi ASI baik, maka anak pun akan  sehat.

2. Jeruk

Ibu mungkin khawatir tentang makan jeruk dan buah jeruk lainnya, karena jeruk dan buah jeruk lainnya memiliki rasa yang asam dan dianggap berbahaya bagi bayi. Namun, hal tersebut belum dikonfirmasi. Makan buah jeruk sebenarnya merupakan salah satu cara untuk mendapatkan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah jeruk ini juga dapat memberikan tambahan energi bagi ibu menyusui. Selama proses menyusui Anda , makanan ibu jika akan dikonsumsi oleh anak melalui ASI tersebut. Karena itu, jika anak Anda merasa kembung setelah makan banyak  jeruk, maka Anda perlu membatasi konsumsi buah ini.

3. Pepaya 

Bagi Anda seorang wanita yang sedang hamil, mengonsumsi pepaya yang masih hijau atau belum masak sangat tidak dianjurkan. Karena kandungan dalam buah pepaya yang belum masak dapat menginduksi persalinan pada rahim Anda. Namun, ada penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi pepaya dapat meningkatkan jumlah hormon prolaktin dan oksitosin. Hormon tersebut adalah hormon yang hormon yang berperan dalam produksi dan pengeluaran ASI, sehingga apabila kadar hormon prolaktin dan oksitosin meningkat maka akan memperlancar produksi dan pengeluaran ASI. Namun demikian, dampak asupan pepaya hijau terhadap peningkatan produksi susu perlu diselidiki lebih lanjut. Sehingga untuk seorang ibu yang menyusui lebih disarankan untuk makan pepaya matang, yang sudah memiliki bukti ilmiah  mengandung vitamin A dan zat besi.

4. Alpukat 

Buah yang berwarna hijau ini telah terbukti dapat memberikan banyak manfaat untuk ibu menyusui dan juga bayi. Hal ini disebabkan oleh kandungan alpukat yang terdiri dari lemak baik, yang mana lemak tersebut dapat diubah menjadi sumber energi bagi seorang ibu. Selain itu alpukat juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti vitamin B asam folat, dan vitamin c, serta asam oleat.

5. Kurma 

Studi menunjukkan bahwa kurma memiliki hubungan dengan produksi ASI. Hubungan tersebut disebabkan oleh kandungan dalam buah kurma yang dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin di dalam tubuh. Dengan meningkatnya hormon prolaksi maka akan terjadi peningkatan produksi ASI. selain itu buah kurma sangat cocok dimakan oleh setiap kalangan, rasa buahnya yang manis dan mengandung banyak glukosa dapat menjadikan buah ini sebagai salah satu sumber energi, kandungan gizi lain seperti zat besi bari vitamin B6 juga sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui.

6. Aprikot 

Buah yang memiliki tekstur haru dan rasa yang mani ini memiliki kandungan gizi seperti fitoestrogen. Kerja zat ini seperti kerja dari hormon estrogen di dalam tubuh, sehingga dengan kehadiran zat ini tubuh akan merangsang produksi hormon prolaktin dan produksi ASI akan meningkat. Selain zat tersebut, buah aprikot juga memiliki kandungan gizi lain yang bermanfaat untuk ibu dan bayinya seperti kalsium, kalium, dan beberapa vitamin lainnya.

7. Blewah 

Buah blewah mengandung vitamin C sebanyak 50 gram dalam satu buah. Berdasarkan USDA, 50 gram vitamin C yang terkandung dalam satu buah blewah ini mencukupi setengah kebutuhan harian yang harus dikonsumsi oleh ibu menyusui. Selain itu blewah juga mengandung banyak air sehingga dapat mencegah ibu yang menyusui mengalami dehidrasi.

Related Post