Bagaimana Cara Mengeringkan Rambut Biar Gak Rusak?

Salah satu kebiasaan dari masyarakat Indonesia yang tanpa disadari bisa merusak rambut yaitu adalah mengeringkan rambut menggunakan cara yang tidak benar. Contohnya yaitu mengeringkan rambut menggunakan hair dryer atau alat pengering rambut.

Kemudian bagaimana cara menggiringkan rambut agar tetap sehat dan tidak rusak? Berikut adalah penjelasannya 

Apakah alasan rambut dapat rusak jika dikeringkan dengan alat yang bernama hair dryer? Pada setiap helai rambut dapat di umpamakan sebagai sebuah tabung yang memiliki struktur yaitu lapisan korteks untuk bagian luar dan Kutikula sebagai Lapisan dalam atau lapisan pelindung. 

Apabila kutikula dalam keadaan sempurna dan tidak pecah,  maka sehat dan berkilau. Jika rambut sedang dalam keadaan basah,  maka kutikula  sedang terangkat sedikit.  

Jika Anda mengeringkan rambut menggunakan hair dryer,  hal itu akan membuat air yang ada di luar rambut masuk terdorong ke dalam lapisan korteks nya dan membuat rambut rusak.

Namun, membiarkan rambut basah hingga kering sendiri juga tidak tepat. 

Hal tersebut dikarenakan karena dalam kondisi basah, rambut sedang dalam keadaan bengkak. Sehingga, jika dibiarkan semakin lama tekanan yang diberikan kepada protein halus yang mempunyai fungsi dalam menjaga keutuhan rambut semakin besar yang pada akhirnya meningkatkan resiko kerusakan rambut. 

Langkah Mengeringkan Rambut dengan Aman Pakai Hair Dryer

Walaupun demikian, Anda tetap bisa mengeringkan rambut dengan hair dryer selama Anda tahu cara yang benar. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat rambut Anda terlihat lebih sehat dengan hair dryer. 

  • Biarkanlah rambut Anda untuk mengering secara alami selama beberapa menit. 
  • Jangan membasahi rambut menggunakan handuk sebab akan merusak bagian kutikula rambut.
  • Atur pengering rambut ke suhu terendah hingga yang keluar  hanya udara dingin pada saat Anda menggunakan alat tersebut.  
  • Pastikan jarak antara pengering rambut dan rambut tidak sangat dekat yaitu berjarak 15 cm. 
  • Ingatlah untuk menggerakkan rambut Anda agar cepat kering.

Berdasarkan American Academy of Dermatology, dibutuhkan sekitar 30 menit atau lebih agar rambut benar-benar kering. Hal ini dipengaruhi oleh panjang rambut, cuaca, hingga aktivitas. Pengeringan rambut yang tepat dapat memperlambat proses kerusakan rambut asalkan mengubah kebiasaan buruk. Lantas bagaimana cara cepat dan efektif mengeringkan rambut untuk menjaga rambut tetap sehat, alami, berkilau, cobalah kebiasaan berikut ini.

Langkah Efektif Mengeringkan Rambut

1. Menyisir dengan sampo 

Apabila Anda masih mempunyai kebiasaan buruk seperti yang lainnya, yaitu langsung menyisir rambut setelah mandi, cara yang satu ini dapat Anda coba. Rahasianya yaitu menyisir rambut setelah menggunakan kondisioner. Tentu saja, jenis sisir yang disarankan memiliki jumlah gigi yang sedikit. Cara ini dapat sangat berbeda sebab kondisioner mempunyai lapisan silikon yang akan melekat pada setiap helai rambut dan rambut akan terlihat sangat berkilau. 

2. Tidak perlu menggunakan handuk 

Apakah Anda masih suka menggosok rambut dengan handuk untuk mengeringkannya? Ini adalah metode yang sudah ketinggalan zaman dan sudah waktunya untuk meninggalkannya. Padahal, scrubbing berlebihan hanya akan merusak bagian kutikula rambut. ANda dapat memakai kain microfiber yang lembut. Dengan tekstur lembut tersebut akan  membantu menyerap kelembaban tanpa mengeringkan rambut. 

3. Bungkus rambut Anda

Selanjutnya, cara mengeringkan rambut menggunakan sebuah metode yang disebut plopping. Metode plopping atau Istilah lainnya membungkus rambut basah memakai kain katun dan kaos. Pertama, letakkan kain di permukaan datar. Kemudian Posisi leher serta lengan dekat dengan Anda. Setelah itu, letakkan rambut Anda searah dengan kain. Gulung bagian bawah kain ke arah leher Anda dan sisanya ke arah wajah Anda. Terakhir, ikat dengan tangan Anda. Biarkan rambut dibungkus selama 10 hingga 20 menit. Kemudian buka dan biarkan mengering secara alami. Cara ini cocok untuk rambut keriting karena mencegah rambut keriting terjerat. 

4. Lakukan kegiatan lain 

Tentu saja, pengering rambut dapat merusak rambut Anda di bawah pengaruh panas. Terutama untuk penggunaan terus menerus. Jadi rencanakan waktu Anda dengan baik. Jika Anda berencana untuk mencuci rambut sebelum pergi, Ada baiknya Anda lakukan hal tersebut terlebih dahulu. Kemudian lakukan aktivitas dan persiapan lainnya saat rambut Anda kering dengan alami. Karena itu, jangan biarkan rambut Anda terlalu basah saat semuanya selesai  atau selesai. 

5. Rough dry

Terdapat cara yang cepat dan aman untuk mengeringkan rambut yaitu adalah rough dry. Caranya mirip dengan blowout,tapi Anda harus tahu strateginya. Jangan lakukan ini terutama saat rambut Anda sangat basah, karena hanya membuang-buang waktu. Jadi bungkus rambut Anda dengan handuk microfiber dan pastikan rambut Anda kering. Selanjutnya, oleskan cream pelindung panas. Kemudian lakukan cara ini hanya dengan mengeringkan dengan tangan. Cara ini akan berfokus ke akar rambut. baiknya, ditunggu sampai rambut Anda kering 30-40% sebelum memulai metode ini.