Ajak Buah Hati Liburan, Ini yang Harus Diperhatikan

Mengisi akhir pekan bersama pasangan dan sang buah hati dengan berlibur adalah hal yang menyenangkan. Setelah menjalani rutinitas yang padat dan menjenuhkan, kamu bisa meluangkan waktu bersama mereka.

Mengajak si kecil liburan ke tempat-tempat yang baru juga sangat bagus untuk perkembangannya. Karena kamu bisa sekaligus memberikan edukasi di sela liburan. Jadi, bukan hanya pengalaman seru dan menyenangkan yang bisa kamu berikan. 

Namun, seringkali sulit untuk menebak kemauan anak. Karena anak-anak memang belum bisa mengontrol emosinya, maka tak heran jika mereka mudah rewel. Anak cenderung mudah merasa tidak nyaman jika berada di tempat dan suasana yang baru. Sehingga butuh banyak pertimbangan ketika ingin mengajak sang buah hati berlibur.

Tenang saja, berikut ini ada beberapa tips untuk kamu yang berencana ajak sang buah hati liburan. Penasaran apa saja ? Yuk, simak 6 tips yang bisa kamu terapkan di bawah ini. 

Tips Liburan Bersama Buah Hati

1. Carilah Destinasi yang Ramah Anak 

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum ajak anak berlibur yaitu pilihan destinasinya. Cari destinasi yang ramah anak dan sesuai dengan usianya. Pastikan juga tempat tersebut bisa membuat si kecil senang. Kamu bisa menentukan destinasi dengan melihat apa saja yang menjadi kesukaannya selama ini. 

Sebagai contoh, saat ini si kecil lagi suka bermain air, maka kamu bisa mengajaknya ke wahana air, tempat berenang atau pantai. Dan hindari membawa anak ke tempat-tempat yang butuh effort lebih untuk beradaptasi. Misalnya, destinasi wisata yang cuacanya ekstrem, baik terlalu dingin maupun terlalu panas. Jangan sampai suhu di destinasi wisata tersebut jauh berbeda dari tempat tinggalmu.

2. Berikan Afirmasi Pada Anak

Berapa pun usia anakmu saat ini, cobalah untuk berikan afirmasi positif jauh-jauh hari sebelum liburan. Beritahu si kecil soal rencana liburan mendatang, mulai dari kemana tujuannya, apa saja yang akan dilihat, bagaimana suasananya, hingga . berapa lama perjalanannya. Sampaikan juga kalimat positif pada si kecil agar mereka baik-baik saja selama berlibur dan selalu sehat. 

Lakukan hal tersebut secara berulang agar kata-kata positifmu berhasil mensugesti si kecil. Walaupun dia masih terlalu kecil, tapi kamu harus percaya bahwa memberikan afirmasi ke anak, bukan hanya menjadi sesuatu yang sia-sia belaka. 

3. Pilih Penginapan yang Nyaman

Jika kamu dan keluarga memutuskan untuk menginap selama berlibur, maka jangan sampai salah pilih penginapan. Cari penginapan yang benar-benar nyaman untuk sang buah hati. Misalnya, penginapan yang ada dapur pribadi dan lengkap dengan peralatan masak serta alat makannya.

Perhatikan juga apakah penginapan tersebut menyediakan water heater atau tidak. Karena anak-anak pasti butuh menggunakan air panas saat mandi. Kamu juga bisa memilih penginapan dengan fasilitas hiburan untuk si kecil, misalnya kolam renang, playground atau mini zoo. 

4. Bawa Bekal Makanan atau Cemilan Sendiri

Buat si kecil nyaman saat di perjalanan dengan membawa makanan atau snack favoritnya. Kamu bisa menghemat pengeluaran jika sudah menyiapkannya dari rumah. Karena biasanya makanan yang dijual di tempat wisata jauh lebih mahal hingga berkali-kali lipat dari harga normal.

Selain itu, kamu juga bisa membuat snack sendiri yang lebih menyehatkan dan higienis. Ini untuk menghindari agar si kecil tidak jajan sembarangan saat berlibur.

5. Siapkan Perlengkapan dan Kebutuhan Buah Hati

Alangkah lebih baiknya, jika kamu menyiapkan kebutuhan anak jauh-jauh hari sebelum berangkat liburan. Apalagi kalau kamu memutuskan untuk berlibur selama beberapa hari. Tidak perlu membawa baju si kecil dalam jumlah banyak. Pastikan saja bahwa itu cukup untuk dipakai selama liburan. Jika ingin ke tempat dingin, jangan sampai lupa siapkan baju hangat atau jaket. 

Bawakan semua perlengkapan yang akan dibutuhkan si kecil saat berlibur nanti. Namun, sebaiknya hindari membawa terlalu banyak barang agar kamu tidak kerepotan membawanya. Prioritaskan perlengkapan dan kebutuhan yang penting saja

Kunjungi: Investasi dan Nabung aman di Senyumku

6. Bawalah Stroller atau Kereta Dorong

Stroller atau kereta dorong sangat berguna jika membawa si kecil berpergian. Jadi, kamu bisa menaruhnya ke stroller saat dia merasa capek dan kelelahan. Dengan begitu, kamu dan pasangan tidak kerepotan karena harus menggendongnya apalagi jika si kecil tertidur pulas.

Dia juga merasa lebih nyaman dan bisa menikmati pemandangan sambil duduk di stroller. Karena jika anak dibiarkan jalan sendiri, kemungkinan dia akan berlarian kemana-mana. Hal tersebut tentu membuatmu lebih capek dan juga berbahaya. Selain itu, stroller juga bisa digunakan untuk menaruh barang bawaan, loh !

Nah, itulah enam hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengajak si kecil liburan. Dengan menerapkan tips-tips di atas, maka dijamin liburanmu bersama sang buah hati pasti akan menyenangkan dan tidak merasa kerepotan. Yuk, jadwalkan liburan dengan sang buah hati !

Related Post