8 Kewajiban Anak di Rumah yang Harus Anda Kenalkan ke Anak Anda

kewajiban anak di rumah

Dalam sebuah keluarga, masing- masing anggota memiliki peranan dan kewajibannya masing – masing di dalam rumah, termasuk juga dengan kewajiban anak di rumah. Seorang anak yang baik adalah seorang anak yang bisa seimbang antara menjalankan kewajibannya di luar rumah dan di rumah. 

Di saat pandemi seperti ini, waktu anak – anak tentu lebih banyak di dalam rumah. Ini adalah saat yang tepat untuk anda mengajarkan kewajiban sebagai anak ketika di rumah. Apa saja kewajiban anak di rumah yang seharusnya diajarkan? Berikut ini adalah pembahasannya. 

Menjaga Kebersihan di Dalam Rumah

Menjaga kebersihan rumah bukan sepenuhnya tanggung jawab ibu rumah tangga. Ini juga adalah salah satu kewajiban anak ketika di rumah. Ajarkan anak – anak anda untuk membantu pekerjaan anda membersihkan rumah untuk menumbuhkan perasaan peduli terhadap kebersihan lingkungan 

Saling Menghormati Antar Anggota Keluarga

Saling menghormati antar anggota keluarga akan menjadikan suasana di dalam rumah menjadi hangat dan harmonis. Dengan rasa saling menghormati tersebut, akan tumbuh juga rasa saling menyayangi antar anggota keluarga. Selain itu, ketika mereka sedang berada di luar rumah,  mereka juga akan lebih bisa menghargai orang lain. 

Mengajarkan Untuk Disiplin Belajar Di rumah

Saat pandemi seperti ini, godaan anak untuk anak tidak belajar sangatlah banyak. Seluruh hal yang diajarkan pada saat sekolah pun tidak sepenuhnya terserap.  Namun, bagaimanapun juga, Anda telah membiayai pendidikan anak anda bukan? Untuk itu, ajarkan dia sikap disiplin dalam hal belajar di rumah. Ini bukan hanya bermanfaat untuk kehidupan akademisnya, namun juga di kehidupan nyata.

Ketahuilah jadwal sekolah anak anda, supaya anda bisa mengecek kedisiplinan belajar di rumah. 

Wajib  Membahagiakan Orang Tua

Seorang anak wajib membahagiakan orang tuanya. Bagaimanapun juga, orang tua telah merawat kita sejak kecil semaksimal mungkin berdasarkan kemampuan yang mereka miliki. Untuk itu, tidak ada alasan lagi bagi anak untuk tidak membahagiakan orang tuanya. 

kewajiban anak di rumah

Baca Artikel Selanjutnya :

Mandiri

Meskipun di rumah ada banyak anggota keluarga, bukan berarti anak – anak bisa menggantungkan kehidupannya kepada mereka. Anak di rumah harus memiliki rasa mandiri atas dirinya sendiri. Mereka memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhannya secara mandiri terkait dengan hal – hal yang bersifat pribadi. 

Bangun Pagi

Kewajiban anak di rumah selanjutnya  adalah bangun pagi. Ajarkan mereka untuk selalu bangun pagi. Hal ini akan membuat hidup mereka lebih baik dan lebih disiplin serta produktif. Setelah bangun pagi, jangan lupa ajarkan atau ingatkan juga kepada mereka untuk melakukan ibadah atau membantu pekerjaan – pekerjaan kecil anda. 

Izin kepada Orang Tua Jika Ingin Meninggalkan Rumah

Ini adalah hal paling penting yang harus anda ajarkan ke anak anda. Mau semandiri apapun atau sehebat apapun anak anda, Ia wajib izin terlebih dahulu ketika ingin meninggalkan rumah. Tentu anda juga khawatir bukan? Jika menemui anak anda tidak berada di rumah dan tidak tahu kemana perginya? Untuk itu, jangan sampai anak – anak anda melalaikan kewajiban ini. 

Membereskan Kamar

Banyak anak yang ketika sudah mulai bangun tidur, mereka langsung menjalankan aktivitasnya tanpa membereskan kamar tidurnya lebih dulu. Sebagian dari mereka mungkin menganggap ini tidak penting. Jika sudah begitu, bisanya orang tua juga yang akan membereskan kamarnya. 

Untuk itu, ajarkanlah mereka untuk bisa membereskan kamarnya sejak dini. Supaya mereka mengerti dan paham akan rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri. 

Itulah 8 kewajiban anak di rumah yang harus anda ajarkan ke anak anda. Apakah Anda sudah melakukannya? Jika belum, maka segeralah untuk melakukannya demi kehidupan keluarga yang lebih baik. 

 

Related Post