Ketahui Ciri-Ciri dari Digital Banking Terpercaya

digital banking

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat sehingga bisa memudahkan masyarakat untuk melakukan segala kegiatan sehari-hari termasuk untuk bidang perbankan. Sekarang kegiatan perbankan telah dapat dilakukan hanya menggunakan satu aplikasi saja di smartphone. 

Setelah mengenal dengan istilah internet banking berikut ini merupakan tiga hal penting mengenai digital banking yang bagus dan harus Anda ketahui.

1. Digital banking bukan hanya sekedar aplikasi perbankan

Perbedaan dari digital banking dan mobile banking terdapat di fitur yang diberikan menggunakan satu aplikasi. Mobile banking bisa saja memungkinkan para nasabah untuk melakukan transaksi misalnya yang bisa digunakan dengan ATM, seperti pembayaran tagihan listrik, air, pembelian voucher pulsa, transfer dana dan sejenisnya.

Namun, lain halnya dengan digital banking untuk layanan ini nasabah dapat melakukan seluruh kegiatan perbankan yang biasa dilakukan di kantor cabang bank, seperti membuka akun deposito, membuka rekening baru, mengisi e-wallet, investasi dan sebagainya.

2. Digital banking tidak membutuhkan kantor cabang

Seperti yang kita ketahui jika bank beroperasi menggunakan jalur distribusi fisik yaitu adanya kantor cabang dan kantor cabang pembantu yang biasanya tersebar di seluruh pelosok daerah untuk memenuhi keperluan nasabah. Sementara itu, digital banking adalah layanan perbankan menggunakan media elektronik atau digital yang dimiliki oleh bank, yang di mana para nasabahnya bisa melakukan segala kegiatan perbankan secara mandiri.

Selain itu, digital banking juga memungkin kan untuk nasabah melakukan kegiatan misalnya pembukaan deposito, rekening, dan investasi yang pada umumnya hanya bisa dilakukan di kantor cabang bank saja secara digital.

3. Digital banking berlandas biometrik e-KTP

Teknologi biometric yang ada di e-KTP adalah teknologi yang bukan hanya dipakai untuk pencatatan sipil namun juga bisa dipakai untuk database di bidang perbankan. Lewat teknologi biometrik berbentuk sidik jari, verifikasi serta keamanan data dari masing-masing nasabah telah terintegrasi dan tercatat.

Tentu saja hal tersebut bisa mempersingkat waktu para nasabah untuk membuka rekening, ketika login atau Anda melakukan transaksi. Tidak hanya itu saja, pemakaian data biometric juga bisa mengurangi human error misalnya lupa pin.

Untuk sekarang ini digital banking telah menjadi keperluan untuk seluruh nasabah di Indonesia untuk melakukan kegiatan perbankan sehari-hari. Industri perbankan juga saat ini sedang ramaikan dengan adanya produk dan layanan digital banking.

 

Itulah tadi ciri-ciri dari digital banking yang bagus, lalu selanjutnya Anda harus mengetahui keunggulan dari digital banking sebelum membuat dan menggunakannya.

1. Penghematan biaya

Salah satu kunci untuk banget demi memotong biaya yaitu aplikasi otomatis yang dapat menggantikan tenaga kerja manusia secara berlebihan. Seperti yang kita tahu jika bank yang dikelola secara tradisional cara kerjanya sangat lambat dan juga bisa saja terjadi kesalahan. 

Platform digital ini bisa meminimalisir biaya lewat sinergi data kualitatif sehingga lebih cepat untuk perubahan pasar. Dampak yang ditimbulkan, biaya transaksi dalam hal keuangan menjadi lebih kecil. Sehingga penghematan bisa dialihkan kepada hal lainnya seperti investasi dan menabung.

2. Efisiensi bisnis

Platform digital bukan hanya untuk memperbaiki interaksi antara bank kepada nasabah saja, tetapi juga menawarkan metode untuk membuat fungsi yang ada dalamnya lebih efisien. Dengan hadirnya platform digital ini maka semua masalah bisnis yang berhubungan dengan perbankan bisa diselesaikan dengan lebih cepat. 

Anda tidak perlu lagi untuk repot pergi ke bank dan membayar ongkos transportasi hanya untuk melakukan transaksi saja.

3. Peningkatan akurasi

Pada umumnya bank tradisional hanya mengandalkan pengolahan kertas menggunakan statistic berpotensi mempunyai tingkat kesalahan mencapai 40%, yang membutuhkan pengerjaan ulang lagi. Dengan menyederhanakan proses verifikasi, maka menjadi lebih mudah untuk menerapkan solusi TI pada perangkat lunak bisnis yang dapat memperoleh akuntansi dengan lebih akurat. 

Seperti yang kita ketahui jika akurasi keuangan penting sekali untuk bang demi mematuhi peraturan dari pemerintah. Hal tersebut juga dapat bermanfaat sebab bisa mendapatkan akses informasi dengan lebih transparan dan cepat.

  1. Meningkatkan pemahaman atas kebutuhan dari Nasabah

Solusi digital juga bisa membantu untuk pengelolaan daftar pemasaran, sehingga bank dapat mencapai pasar dengan lebih luas serta membangun hubungan menjadi lebih dekat lagi kepada orang yang paham dengan teknologi. 

Selain itu, platform CRM juga bisa membantu untuk melacak riwayat dari para pelanggan dan memberikan akses cepat ke email dan sejenisnya. Hal tersebut tentu saja efektif untuk mengeksekusi program penghargaan untuk pelanggan yang bisa meningkatkan kepuasan dan juga loyalitas.

  1. Sistem keamanan yang bagus

Semua bisnis kecil maupun besar akan menghadapi banyak ancaman cyber yang bisa merusak reputasi. Untuk itu, bank dapat memperoleh keuntungan dari lapisan keamanan sehingga dapat melindungi data dari para nasabahnya. 

Demikianlah pembahasan mengenai digital banking yang harus anda ketahui sebelum anda menggunakan nya.

Kunjungi: Senyumku.com

Related Post