Kegunaan Serum Untuk Wajah

serum

Serum wajah merupakan dengan tekstur ringan serta tidak mengandung kadar minyak, yang gampang diserap kulit. Serum wajah tersedia dalam beberapa jenis, seperti krim, gel, dan ada juga yang diformulasikan mirip air.

Serum wajah ini dianggap sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti bintik hitam, noda hitam, kerutan wajah, jerawat dan kulit kering. Sebotol serum, umumnya terdiri dari bahan aktif, berupa antioksidan, zat anti penuaan, asam kojic, peptida, asam glikolat, hyaluronic acid, serta vitamin C, E, dan A.

Kandungan dari serum wajah tidak ada  bahan kedap udara atau pelembab oklusif, seperti minyak mineral atau petrolatum yang mampu melindungi air dari kondisi menguap.

Apa Sih Fungsi dari Serum Wajah ?

Dengan beberapa kandungan dan bahan yang bagus untuk wajah, dibawah ini terdapat fungsi dari serum wajah untuk dijadikan sebagai produk merawat kecantikan.

1. Mengurangi Bintik dan Noda Hitam di Wajah

Menjadi salah satu manfaat serum wajah yakni untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Bertambahnya usia seseorang dan terkena paparan sinar UV menjadi penyebab utama muncul bintik hitam dan kulit kusam pada wajah.

Beberapa penelitian turut menyatakan bahwa zat asam glikolat bisa menurunkan persentase kemunculan bintik hitam pada wajah yang biasa dikenal dengan melasma. Jika dibandingkan dengan seseorang menjalankan perawatan laser serta produk peremajaan kulit lain, menggunakan serum wajah yang memiliki kandungan asam glikolat lebih efektif untuk mencegah bintik hitam atau noda hitam pada wajah seseorang.

2. Meminimalisir Kerutan serta Membuat Tekstur Wajah Menjadi Kenyal

Manfaat serum wajah selanjutnya yaitu untuk mengurangi terjadinya kerutan wajah serta membuat teksturnya lebih kenyal. Serum wajah sendiri terdiri dari kandungan vitamin C dan hyaluronic acid.

Selain itu zat yang terkandung di dalam serum wajah adalah kunci untuk menekan penuaan pada kulit wajah. Hyaluronic acid sudah terbukti dari beberapa penelitian yang dilakukan bahwa zat tersebut mampu untuk memperlambat terjadinya penuaan kulit.

Fungsinya juga dapat memperbaiki kerusakan pada kulit wajah. Kedua zat yang ada pada serum wajah juga menjadi pelembab kulit yang kusam.

3. Mengencangkan Kulit

Serum wajah juga bisa sebagai alat pengencang kulit. Hal ini tentu menjadi manfaat yang baik bagi banyak orang, dimana saat Anda sudah beranjak dewasa dan usia semakin bertambah, kulit wajah akan berkurang tingkat kelembapannya dan membuat kulit menjadi kendor. Khususnya di area sensitif seperti bawah mata, tulang pipi menjadi area terjadinya kulit kendur yang diresahkan banyak orang. Namun, dengan kandungan yang ada pada serum wajah, masalah-masalah tersebut bisa diatasi dengan baik dan sudah terbukti sampai saat ini.

4. Merawat Wajah Berjerawat

Serum wajah yang biasa dijual dipasaran dianggap sangat mampu menangani masalah pada kulit wajah, salah satunya jerawat.

Menjadi salah satu fungsi dari serum wajah yakni menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalamnya berupa benzoil peroksida serta asam salisilat. Sudah banyak riset atau penelitian untuk membuktikan khasiat dari kedua zat ini. Penelitian dari dokter Bissonnette misalnya, dimana ia menyatakan bahwa kedua zat ini bisa mengurangi jerawat secara umum serta mengatasi masalah jerawat yang sudah meradang.

5. Melepaskan Sel Kulit Mati

Penggunaan serum wajah dapat dijadikan sebagai alat untuk membuang sel kulit mati pada wajah. Anda bisa memperoleh manfaat dari serum wajah berupa kandungan BHA dan AHA, seperti asam malat dan asam laktat, dengan tujuan untuk melindungi kulit supaya terasa halus.

6. Menghilangkan Kulit Kusam

Dengan bertambahnya usia seseorang, kulit yang dulunya bercahaya lama-lama akan menjadi redup dan cenderung kusam. Salah satu kandungan terbaru yang disematkan pada serum wajah yakni micro-reflectors, dimana formula tersebut diyakini memiliki fungsi untuk merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru dan membuat kulit menjadi tidak kusam.

7. Mencerahkan Kulit Wajah

Bahan lain yang ada pada serum wajah yaitu asam kojic dan kojic acid. Kehadiran Asam Kojic disebut bisa mengobati masalah bintik hitam dan pigmen sebagai tanda penuaan kulit. Beberapa penelitian menyatakan bahwa asam kojic memiliki peran sebagai pencerah dengan proses memperlambat produksi pigmen coklat atau melanin.

Jika digunakan secara teratur, zat asam kojic bisa membuat kulit wajah Anda menjadi lebih kuat dalam menghadapi paparan cahaya matahari dan membuat kulit tetap cerah.

8. Mengurangi Kadar Minyak Berlebih

Bagi Anda yang mempunyai kulit wajah dengan minyak berlebih sangat cocok untuk menggunakan serum wajah. Sebab, serum wajah sendiri tidak memiliki kandungan minyak membuatnya dapat mengendalikan kadar minyak pada kulit wajah.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang sudah mencoba berbagai macam produk untuk merawat kulit wajah dengan berbahan dasar ringan lain namun tidak berhasil mengurangi kadar minyak berlebih di bagian wajah, menggunakan serum wajah tentu menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi semua masalah tersebut.

 

Related Post