Cara Mudah Memilih Produk Kecantikan yang Aman

Semua wanita baik yang berusia muda ataupun yang sudah dewasa tentunya ingin terlihat tampil cantik dengan menggunakan kosmetik dan juga skin care. Hanya saja kamu harus tahu bagaimana cara untuk memilih produk kecantikan yang aman bagi kulit supaya tidak memberikan dampak yang negatif.

Memilih kosmetik yang aman untuk jenis kulit kamu bisa jadi rumit. Pasalnya, banyak kosmetik ilegal dan palsu yang berbahaya bagi kulit. Lantas, bagaimana cara memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit? Cari tahu di komentar di bawah!

Cara memilih produk kosmetik yang aman

Semakin banyak kasus kosmetik palsu atau produk perawatan kulit di masyarakat dan tentunya kamu perlu lebih berhati-hati saat membeli kosmetik. BPOM Indonesia semakin mengimbau masyarakat untuk menghindari penggunaan kosmetik ilegal dengan kandungan berbahaya, bahkan bahan kimia yang mengganggu kesuburan.

Berikut cara memilih kosmetik yang tepat :

  • Cek KLIK

Tips yang pertama dan dapat kamu lakukan dalam memilih produk kecantikan adalah dengan cara mengecek klik atau kemasan, label, izin edar dan tanggal kadaluarsanya. Biasanya semua ini akan tertera pada bagian label dan juga kemasan produk dari barang yang kamu beli tersebut.

Periksa juga pada setiap sisi apakah ada kecacatan di kemasan produk tersebut. Selanjutnya adalah mengecek nomor izin edar yang biasanya terdapat pada bungkusnya dan terakhir pastikan bahwa produk tersebut memiliki nomor BPOM, untuk lebih yakin kamu juga dapat memeriksa nomor tersebut pada website resmi milik BPOM.

Apabila ketika kamu periksa dan produk tidak tercatat di BPOM maka ada baiknya tidak kamu beli karena dapat dipastikan biasanya bahan yang mereka gunakan tidak aman. Supaya lebih aman kamu dapat melaporkan brand tersebut kepada pihak BPOM supaya dapat ditindaklanjuti.

  • Jangan tergiur harga murah

Biasanya banyak orang yang mudah tergiur dengan harga produk yang murah, ini disebabkan karena produk-produk berkualitas bagus memiliki harga jual yang dianggap tidak ramah pada kantong. Padahal kamu tentunya tahu dengan ungkapan ada harga, ada kualitas.

Ungkapan seperti ini juga bukannya tidak masuk di akal, karena memang kebanyakan produk-produk kecantikan yang harganya di bawah standar menggunakan bahan-bahan kosmetik yang berbahaya. Sedangkan produk dengan harga yang lebih mahal tentu dikarenakan mereka menggunakan bahan baku dengan kualitas terbaik.

Selain itu tentunya kosmetik dengan harga mahal dan bahan baku terbaik tersebut akan melakukan berbagai riset dan uji coba, guna memastikan jika nantinya produk yang akan dipasarkan memang aman untuk digunakan oleh target konsumennya.

  • Pastikan jika membeli pada toko resmi

Tips yang berikutnya ketika kamu ingin membeli produk kecantikan yang aman dengan kualitas baik adalah dengan membeli pada toko yang resmi atau official store. Sebab dikhawatirkan ketika kamu membeli bukan pada toko terpercaya atau di official store, produk tersebut adalah ilegal atau produk palsu.

Mungkin untuk orang-orang yang awam dengan produk-produk kecantikan mereka tidak akan memikirkan apakah palsu atau asli yang penting hasil yang diberikan oleh produk tersebut. Padahal ketika mereka menggunakan produk palsu biasanya efeknya memang lebih cepat terlihat tetapi ada dampak buruk di belakangnya.

Tentu kamu tidak ingin hal seperti terjadi kepada dirimu sendiri, oleh sebab itu mulai sekarang ketika akan membeli kosmetik atau produk kecantikan yang lainnya. Sangat dianjurkan untuk membeli secara langsung pada toko official, baik offline maupun online.

  • Cek reaksi alergi sebelum membeli

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan reaksi alergi, jadi setiap kali kamu membeli produk kecantikan pada official store atau dengan mendatangi langsung toko tersebut biasanya sales memiliki produk tester.

Nah, ada baiknya sebelum kamu melakukan pembelian produk cobalah terlebih dahulu tester tersebut. Kamu bisa mencobanya pada bagian kulit tertipis seperti di belakang telinga atau di pergelangan tangan bagian dalam.

Apabila dalam beberapa menit muncul ruam berwarna merah, bengkak atau kulit terasa gatal ini artinya kamu tidak cocok dengan produk kecantikan tersebut. Jadi, ada baiknya memilih produk yang lain dan jangan lupa untuk melakukan reaksi alergi kembali.

  • Baca label kemasan secara teliti

Terakhir adalah selalu membaca label kemasan dari produk kecantikan tersebut. Kamu harus memastikan bahwa pada produk tersebut tidak terdapat bahan-bahan berbahaya. Misalnya seperti merkuri, toluene, phenoxyethanol, triclosan, aluminium, oxybenzone, formaldehyde, talc, benzalkonium klorida, mineral oil dan beberapa zat berbahaya lainnya.

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas untuk lebih mudah bagi kamu mengidentifikasi apakah produk kosmetik atau kecantikan tersebut ilegal adalah dengan cara mengecek nomor izin edarnya, ini bisa dilakukan dengan cara masuk ke website resmi dari BPOM kemudian memasukkan nomor yang tertera atau nama dari brand tersebut apakah sudah terdaftar atau belum.

Related Post