Cara Mengencangkan Payudara yang Kendur Setelah Menyusui

Ada banyak cara untuk mengencangkan kembali payudara yang kendur setelah menyusui. Hal ini bisa membantu mengurangi kekhawatiran kaum hawa yang kurang percaya diri dengan bentuk payudaranya. Namun, Anda perlu tahu bahwa tidak ada cara alami untuk mengecilkan atau memperbesar ukuran payudara selain operasi. Setiap orang memiliki payudara yang sangat bervariasi, hal ini bisa diwariskan oleh keturunan atau genetik. Seiring bertambahnya usia bentuk dan ukurannya bisa berubah, jadi bukan hanya karena faktor menyusui saja.  

sebagian besar jaringan payudara terdiri dari sel-sel lemak, ligamen, serta jaringan kelenjar penghasil susu untuk memberi ASI. Sehingga sangat wajar jika payudara wanita akan kekurangan elastisitas dan mengalami perubahan bentuk bahkan mengendur. Tak perlu khawatir, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk membuatnya kembali kencang.

Berolahraga

Memiliki payudara yang kencang dan indah menjadi impian sebagian besar wanita. Hal ini dapat membantu mereka tampil lebih percaya diri menggunakan pakaian-pakaian yang disukai. Kalau ingin mengatasi payudara yang kendur ternyata bisa dilakukan dengan berolahraga secara rutin. Ada beberapa gerakan olahraga yang bisa dicoba. Yakni:

  •       Yoga, membantu mengencangkan payudara dan membuatnya tampak berisi dan lebih sehat. Selain itu Anda bisa mendapatkan manfaat seperti menenangkan pikiran, tubuh menjadi lebih segar bugar, dan sehat. Beberapa gerakan yoga yang bisa dicoba mulai dari standing half forward bend, revolved chair, downward facing dog, dan upward facing dog. Kini memiliki payudara yang indah dan kencang bukan sekedar impian saja, supaya hasilnya lebih maksimal Anda dapat meminta bantuan dari instruktur yoga.
  •       Chest fly yang dilakukan secara rutin dapat mengencangkan otot-otot di bagian dada. Untuk melakukan chest fly, Anda dapat duduk di lantai dan meletakkan sebuah bola besar di punggung bawah. Kemudian tekuk lutut secara bersamaan. Mulai gerakan meluruskan tangan ke depan sambil memegang dumbell. Anda dapat menaik turunkan bahu dan tangan menghadap ke atas, berhenti sejenak, lalu kembali ke posisi semula. Selain payudara, olahraga ini juga membantu mengencangkan lengan dan bahu.
  •       Angkat beban seperti di tempat gym dapat membentuk tubuh menjadi lebih proporsional. Sekaligus membantu mengencangkan payudara setelah menyusui. Namun olahraga ini tidak baik dilakukan secara berlebihan. Angkatlah beban sesuai dengan kemampuan dan jangan terlalu berat, salah-salah bisa membuat Anda cedera. Lakukan olahraga ini secara teratur.
  •       Push up membantu mengencangkan bagian dada, perut, serta lengan sekaligus. Caranya cukup mudah, cukup berbaring menghadap lantai dengan menjadikan kedua tangan sebagai tumpuan. Tekuk lengan ke arah lantai sampai membentuk sudut 45 derajat, kemudian naik kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini dalam satu set atau sebanyak delapan kali. Anda dapat melakukannya secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Memijat Payudara

Selain berolahraga, Anda dapat memijatnya secara rutin menggunakan minyak zaitun. Cara ini membuat payudara lebih kencang karena dapat memicu sirkulasi darah di sekitar. Selain menghilangkan kendur, memijat payudara secara rutin juga membantu mengurangi stretch mark. Kenapa harus pakai minyak zaitun? Karena minyak ini mengandung sumber vitamin A, C, D, dan K yang baik untuk kesehatan kulit, menutrisi dan melembabkan sehingga kulit terasa kenyal dan terlihat lebih sehat.

Mengatur Pola Makan Sehat dan Kaya Antioksidan

Banyak penelitian mengungkap bahwa cara ampuh mengurangi payudara kendur setelah menyusui bisa dengan mengkonsumsi makan makanan sehat dan mengandung antioksidan. Tak hanya payudara saja, tapi juga kulit rambut hingga kaki akan mendapat manfaatnya. Beberapa makanan yang mengandung antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran juga membantu selama program penurunan berat badan. Manfaat lainnya adalah mengurangi risiko kanker payudara yang sering dialami wanita.

Anda juga harus memastikan bahwa asupan protein terpenuhi. Ini menjadi salah satu cara mengencangkan payudara secara efektif, sekaligus otot-otot lainnya dalam tubuh. Silahkan konsumsi produk-produk yang terbuat dari olahan susu, lentil, dan telur sebagai asupan makanan sehari-hari. Kalau ingin makan sayur bisa pilih wortel, brokoli, kembang kol, tomat, dan kubis.

Menggunakan Masker Pengencang Payudara Kendur

Anda bisa membuat masker ini dirumah karena bahan-bahannya mudah ditemukan. Silahkan siapkan mentimun, kuning telur, ataupun minyak dengan kandungan vitamin E tinggi. Anda bisa mendapatkan manfaat seperti kulit yang lebih elastis, mencegah penuaan dini, dan manfaat antioksidan pencegah kanker.

Tidur dengan Posisi Terlentang

Ubah kebiasaan tidur tengkurap atau miring ke kanan dan kekiri karena dapat menyebabkan payudara kendur. Mulai dari nanti malam silahkan tidur dengan posisi terlentang untuk menjaga posisi payudara tidak di atas.

Itulah beberapa cara mengencangkan payudara yang kendur setelah menyusui, bisa dicoba langsung hari ini. Semoga Anda berhasil mendapatkan bentuk payudara yang diinginkan.

Related Post