Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Bagi kaum hawa yang peduli dengan penampilan, tentu merasa risih ketika melihat pori-pori wajah yang besar dan tampak jelas saat bercermin. Apa itu pori-pori? Pori-pori merupakan lubang kecil yang menjadi tempat produksi minyak, mempunyai peran penting untuk mengeluarkan sebum (zat berminyak berwarna kekuningan) ini merupakan salah satu penyebab komedo dan jerawat.

Kalau produksi sebum terjadi secara berlebihan, bukan hanya jerawat dan komedo saja yang muncul, tapi juga membuat kulit wajah terlihat kusam dan menyebabkan pori-pori membesar. Ada beragam cara mengatasi pori-pori besar di wajah Anda. Murah dan mudah dilakukan secara alami, sehingga kulit tetap terawat, kenyal, lembab, dan sehat.

7 Penyebab Utama Pori-Pori Wajah Membesar

Penyebab pori-pori besar pada wajah dapat dikarenakan gaya hidup dan lingkungan. Pada dasarnya disebabkan oleh sebum yang keluar secara berlebihan, menyebabkan pori-pori tersumbat. Meski bukan hal yang membahayakan, keberadaan lubang besar pada wajah tentu bisa mengganggu penampilan. Sebelum mengetahui cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami, yuk ketahui dulu 7 penyebab utamanya.

  •       Fluktuasi hormon yang dapat mengubah ukuran pori-pori, dan hal ini sering dialami oleh ibu hamil. Selama masa kehamilan, sebagian calon ibu terkadang memiliki kulit wajah yang berseri dan halus. Namun pada beberapa calon ibu yang mengalami perubahan hormon justru membuat pori-pori melebar, kulit wajah menjadi kusam dan berminyak. Fluktuasi hormon juga dapat terjadi menjelang ovulasi dalam siklus bulanan wanita yang mempengaruhi kulit.
  •       Faktor genetik atau bawaan dari keturunan pun bisa menjadi penyebab pori-pori besar. Jenis kulit berminyak dan tebal merupakan kondisi yang diturunkan. Apabila saudara atau orang tua kandung Anda mempunyai kulit wajah dengan pori-pori besar dan berminyak, maka kemungkinan Anda pun memilikinya.
  •       Mencuci muka terlalu sering dan berlebihan berpotensi mengiritasi kulit, dan hal ini juga dapat menyebabkan pori-pori membesar. Apalagi kalau menggunakan sabun atau produk pembersih wajah yang tidak cocok, terutama bagi pemilik kulit sensitif.
  •       Pertambahan usia menyebabkan kemampuan tubuh dalam memproduksi elastin dan kolagen berkurang. Sehingga pada beberapa bagian kulit wajah akan muncul keriput, terlihat kendur dengan pori-pori yang membesar. Hal ini memang tak bisa dihindari.
  •       Terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Sinar UV memang dapat melemahkan produksi kolagen, kalau rusak dapat mengakibatkan kulit kurang elastis dan melebarnya lubang pori-pori.
  •       Merokok juga dapat merusak elastisitas kulit dan penuaan dini. Hindari kebiasaan ini karena juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Cara Alami Mengatasi Pori-Pori Besar di Wajah, Supaya Tampil Lebih Maksimal

Permasalahan kulit ini memang tampak sepele, namun kalau kita abai ini bisa menjadi akar penyakit baru. Pori-pori wajah bisa menjadi sarang penumpukan debu, menyumbat produksi minyak hingga menimbulkan jerawat. Bukan hanya itu, pori-pori besar juga menjadi penyebab penuaan dini. Kalau tidak punya modal cukup untuk melakukan perawatan ke dokter kecantikan, Anda bisa menggunakan cara-cara alami berikut ini.

Menggunakan Madu

Madu kaya akan antioksidan yang mampu menangani berbagai penyakit kulit. Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan pori-pori di wajah. Silahkan aplikasikan teknik berikut.

  •       Siapkan madu alami
  •       Ambil secukupnya, kira-kira 1-2 sendok teh kemudian dioleskan secara merata dan tipis-tipis ke kulit wajah.
  •       Diamkan selama 5-10 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

Membuat Masker dari Kulit Jeruk

Anda bisa memanfaat kulit jeruk yang mengandung banyak vitamin c untuk membuat ramuan kecantikan ampuh. Tak terkecuali pori-pori besar, bisa hilang kalau digunakan secara rutin. Cara membuat masker dari kulit jeruk mudah dan cepat, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah:

  •       Jemur kulit jeruk sampai kering dan keras, kemudian haluskan.
  •       Ambil 1-2 sendok teh bubuk kulit jeruk, untuk membuat masker wajah Anda perlu mencampurkan sedikit air. Tuangkan pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga mendapatkan tekstur kental seperti pasta.
  •       Oleskan dengan kuas secara merata dan tipis-tipis pada wajah, kemudian diamkan selama beberapa menit sampai kering.
  •       Gunakan air hangat untuk membilas masker.

Memakai Olahan Tomat

Buah tomat yang kaya akan vitamin E dapat membuat kulit terlihat muda, memberikan nutrisi penting dan membantu mengencangkan kulit. Anda juga bisa mengambil khasiatnya untuk menghilangkan pori-pori wajah, Ini bukan rahasia umum, karena sudah digunakan sejak dulu. Cara penggunaannya adalah dengan membuat masker tomat. Berikut tahapannya:

  •       Haluskan buah tomat dan oleskan pada wajah.
  •       Diamkan selama beberapa menit sampai kering, kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat.

Mengolah Kopi dan Gula

Pori-pori bisa kecil kalau pakai masker atau scrub kopi dan gula. Cara ini juga membuat kulit wajah lebih segar, bebas komedo, dan terasa halus. Caranya cukup mudah, silahkan siapkan alat dan bahan kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  •       Campurkan 1 sendok teh kopi dan gula pasir dalam wadah.
  •       Tuang sedikit air sampai teksturnya mirip scrub.
  •       Aplikasikan pada wajah dengan cara digosok perlahan, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Demikian cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Semoga artikel ini membantu Anda mengatasi masalah kulit dan menyempurnakan penampilan.  

Related Post