Cara Membuat Kartu Keluarga Secara Online

Kartu keluarga sangat penting untuk identitas keluarga dan juga sebagai tolak ukur pemerintah untuk mencatat jumlah penduduknya di setiap daerah. selain itu dengan memiliki kartu keluarga akan mempermudah pemerintah ketika akan memberikan bantuan maupun santunan kepada masyarakat yang membutuhkan, karena di dalam kartu keluarga tercantum beberapa point seperti susunan keluarga, pekerjaan hingga nama orang tua atau walinya.

Secara harfiah kartu keluarga merupakan identitas yang wajib dimiliki oleh suatu keluarga yang mencantumkan data diri dan juga latar belakang keluarganya seperti usia, pekerjaan, pendidikan terakhir dan lain-lain. Kartu keluarga merupakan dokumen penting yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk semua rakyatnya tanpa kecuali. setiap perubahan yang ingin diubah oleh masyarakat harus memiliki izin khusus kepada pimpinan daerah setempat, karena kartu keluarga tidak boleh diubah untuk keperluan pribadi tanpa izin dan tanda tangan pemerintahan daerah.

Jika masyarakat ingin merubah isi dari kartu keluarga maupun ingin membuat kartu keluarga baru yang dikarenakan sudah menikah atau ada anggota keluarganya yang meninggal maka, masyarakat tersebut harus melaporkannya ke kelurahan di tempat tinggalnya, lalu ada beberapa surat keterangan dan juga dokumen pelengkap lain yang harus disiapkan sesuai kebutuhan masyarakat tersebut, jika memang sudah lengkap dan sudah ditandatangani oleh kelurahan setempat maka masyarakat tersebut akan diberikan kartu keluarga baru dengan proses yang cepat antara dua hingga satu minggu saja.

Manfaat Memiliki Kartu Keluarga

Kartu keluarga memiliki peran sebagai alat bukti yang kuat dan sah untuk status identitas keluarga yang terdaftar di kementerian kependudukan Indonesia. apalagi di tengah pandemi ini yang sedang melanda indonesia, akan membuat keluarga sudah sudah memiliki KK akan mudah mendapatkan bantuan sosial oleh beberapa pihak, karena sudah memiliki data yang pasti dan akurat untuk dapat dikoordinir oleh pejabat setempat. 

Pada dasarnya, setiap data yang ada di pemerintahan daerah akan ada verifikasi dan validasi lalu dicocokan dengan dokumen kependudukan pusat, jika ada kesalahan data atau data tidak lengkap maka akan membuat keluarga tersebut kesulitan mendapatkan bantuan. lalu manfaat apa saja ketika memiliki kartu keluarga?

  1. mempermudah ketika akan mendaftarkan sekolah anggota keluarga
  2. mempermudah untuk proses perbankan
  3. melengkapi dokumen penting untuk membuat identitas diri dan paspor
  4. mempermudah pendataan program bantuan sosial dan kesehatan yang bersumber dari pemerintah dan swasta.
  5. mempermudah untuk urusan yang menyangkut kebijakan pemerintahan seperti BPJS, NPWP, Legalitas usaha dan lain lain.

Syarat Membuat Kartu Keluarga Secara Umum

Syarat pembuatan kartu keluarga memiliki beberapa penerbitan yang dibutuhkan oleh warga negara indonesia maupun warga negara asing yang ingin merubah menjadi warga Indonesia, biasanya kebutuhan yang diterbitkan seperti penerbitan kartu keluarga baru, penerbitan perubahan data kartu keluarga dan penerbitan kartu keluarga yang hilang, di bawah ini akan diuraikan beberapa syarat membuat kartu keluarga,

  1. Mendatangi tempat tinggal ketua Rukun warga (RT) dan selanjutnya meminta surat pengantar untuk penerbitan kartu keluarga meliputi kartu keluarga baru, perubahan data kartu keluarga dan juga jika ada kehilangan kartu keluarga.

  2. Selanjutnya jika sudah mendapatkan surat keterangan dari RT bisa mengunjungi tempat tinggal ketua Rukun warga (RW) untuk mendapatkan pengesahan atas surat keterangan yang dibawa dari ketua RT diatas.

  3. Selanjutnya jika sudah mendapat pengesahan dari RT dan RW bisa melanjutkan untuk mendatangi kelurahan dan mengisi formulir permohonan pembuatan Kartu keluarga sesuai kebutuhan, dengan membawa kelengkapan dokumen sesuai persyaratan yang sudah ditetapkan oleh kelurahan.

  4. Langkah yang terakhir jika dokumen yang sudah lengkap bisa mengunjungi kantor kecamatan untuk permohonan penerbitan kartu keluarga baru sesuai kebutuhan.

Cara Membuat Kartu Keluarga Secara Online

Dengan lebih meningkatnya teknologi informasi sekarang ini membuat fasilitas yang berhubungan dengan pemerintahan semakin mudah dijangkau, karena sudah memiliki platform seperti website dan aplikasi mobile dengan tujuan memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya, hal ini juga dilakukan oleh kementerian kependudukan untuk penerbitan kartu keluarga secara online, dibawah ini beberapa cara untuk membuat kartu keluarga secara online sesuai kebutuhan masyarakat,

 

  1. Melalui Situs Resmi Kementerian Dalam Negeri
  • Mengakses layanan dukcapil.kemendagri.go.id
  • mendaftar akun dengan memasukkan biodata diri, nomor ponsel dan juga email yang aktif
  • selanjutnya masuk ke navigasi menu pengurusan dokumen kartu keluarga sesuai kebutuhan, seperti membuat kartu keluarga baru
  • mengikuti proses yang diberikan oleh website untuk mengunggah dokumen yang diperlukan untuk membuat kartu keluarga baru
  • langkah terakhir adalah menunggu proses penerbitan dari staff online dukcapil dan selanjutnya mengirim ke email atau nomor ponsel file kartu keluarga.

Nah itulah cara membuat kartu keluarga secara online dengan menggunakan akses yang sudah disediakan oleh pemerintah Indonesia guna mempermudah masyarakat yang mungkin tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke kantor pemerintahan.

Related Post