Bisakah Cacar Air Diderita Orang Dewasa dan Bagaimana Cara Mengobatinya?

cacar air

Sebagian dari Anda sudah pasti pernah terkena cacar air semasa kecil, tapi ada juga yang hingga dewasa belum pernah mengalami penyakit ini. Banyak mitos yang mengatakan, jika sudah dewasa tidak akan terkena cacar air. Namun, mitos tersebut salah besar karena orang dewasa pun sangat mungkin terkena penyakit cacar air. 

Penyebab dari cacar air pada orang dewasa adalah virus herpes yang bernama Varicella Zoster Virus atau disingkat VZV. Virus penyebab cacar ini bisa saja fatal pada orang dewasa, terutama ibu hamil. Di mana akibatnya bisa menyebabkan janin lahir cacat atau pun meninggal. Lalu, jika Anda terkena cacar air bagaimana cara untuk mengobatinya? Untuk mengetahui jawabannya, ikuti terus ulasan dalam artikel ini.

Penyebab Cacar Air Pada Orang Dewasa 

Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa cacar air pada orang dewasa disebabkan adanya penularan virus VZV. Virus ini sendiri bisa menular melalui bersin atau pun batuk dari orang yang sudah terpapar, tidak sengaja bersentuhan dengan cairan yang ada pada ruam ataupun dari air liur yang terpapar. 

Selain itu ada beberapa faktor pendukung mengapa orang dewasa juga bisa terkena cacar air, berikut ini adalah faktornya:

  • Belum pernah mendapatkan vaksin cacar air.
  • Semenjak kecil belum pernah tertular penyakit cacar. 
  • Mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sering berubah karena menjalani pengobatan seperti kemoterapi. 
  • Ibu hamil yang juga rentan akan penyakit ini. 
  • Seseorang yang menerima pengobatan dengan steroid. 
  • Sistem kekebalan tubuh menurun karena mengalami stress baik fisik dan emosional.
  • Usia sudah di atas 50 tahun.
  • Pasien pengidap HIV/AIDS yang sering mengalami penurunan imun tubuh. 

Jadi, sudah jelas bahwa cacar air ini dapat diidap orang dewasa dengan banyaknya faktor pendukung yang ada. Apabila tidak ditangani dengan tepat, bisa saja penyakit ini menjadi sangat berbahaya. 

Gejala Cacar Air Pada Orang Dewasa 

Setelah mengenali penyebab cacar air pada orang dewasa, maka selanjutnya Anda pun harus tahu apa saja gejala yang timbul ketika tertular virus ini. Gejala VZV sendiri akan muncul sekitar 10 hari setelah seseorang terpapar. Di mana akan menimbulan berbagai gejala seperti berikut ini: 

  1. Demam hingga mencapai suhu 38,3 derajat celcius
  2. Disertai rasa sakit atau pegal di beberapa atau seluruh bagian tubuh. 
  3. Munculnya ruam merah yang gatal dan berisi air, menyerupai bisul. 
  4. Ruam ini akan muncul tidak pada satu tempat saja, tapi seluruh tubuh hingga area genital. 

Apabila Anda sudah mengalami gejala tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa Anda tertular penyakit cacar air. 

Cara Mengobati Cacar Air Pada Orang Dewasa 

Bagi Anda yang sudah tertular penyakit cacar air, ada baiknya juga mengetahui bagaimana cara mengobatinya. Untuk penanganan cacar air pada orang dewasa dan anak-anak sedikit berbeda. Berikut ini adalah cara mengobati cacar air untuk orang dewasa: 

  • Minum Acyclovir 

Cara pertama adalah dengan minum obat antivirus Acyclovir yang aman dikonsumsi oleh orang dewasa. Maksimal dosis untuk orang dewasa adalah 800mg, di mana bisa diminum 4 hingga 5 kali dalam sehari. Obat yang satu ini bisa Anda beli di apotik. Apabila ragu, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. 

  • Minum paracetamol 

Apabila Anda mendapatkan gejala demam tinggi, maka sangat disarankan untuk minum obat yang mengandung paracetamol. Namn, perlu diingat bahwa Anda dapat mengkonsumsi obat ini apabila suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius.

  • Minuman elektrolit atau isotonic 

Meminum minuman elektrolit atau isotonic juga dapat membantu Anda dari cacar air. Kedua jenis minuman ini sendiri difungsikan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Ketika Anda mengalami demam, maka akan kehilangan cairan tubuh yang cukup besar. 

Hal ini sangatlah berbahaya karena dapat menyebabkan dehidrasi yang bisa berakibat fatal. Maka dari pada itu, minuman ini akan membantu mencegah dehidrasi yang diakibatkan oleh demam yang dialami. 

  • Makanan bernutrisi 

Banya sekali yang mengatakan apabila terkena cacar air lebih baik menghindari makanan berlemak ataupun mie instan. Tapi, pada kenyataannya tidak ada pantangan khusus apabila terkena cacar air. Selama Anda bisa memenuhi asupan nutrisi seperti karbohidrat, protein serta  vitamin, maka Anda diijinkan untuk makan yang Anda sukai. 

  • Oleskan gel khusus cacar 

Untuk mempercepat penyembuhan pada ruam yang muncul, Anda bisa menggunkan gel khusus yang diperuntukan untuk pasien cacar air. Anda dapat menemukan gel ini dengan mudah di apotik. Tapi jika Anda bingung menggunakan gel yang mana, dapat berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar juga bisa terhindar dari alergi. 

Demikianlah penjelasan tentang cacar air pada orang dewasa serta cara mengobatinya. Penting sekali untuk diingat, bahwa cacar air pada orang dewasa juga bisa berakibat fatal. Apabila Anda mengalami gejala berat seperti pusing yang berlangsung lama, cacar hingga pada bagian mata dan lain sebagainya, lebih baik langsung menghubungi dokter. 

Related Post